Cara membuat nafas ayam aduan bagus.

Cara membuat nafas ayam aduan menjadi panjang dan bagus saat berlaga.
Salam satu hobi utk para sahabat dimanapun berada, ok kali ini saya akan membagikan tips cara membuat nafas ayam aduan mjd panjang dan anti ngos2an. Pasti banyak diantara kita yg mengalami satu problem dlm merawat ayam aduan yg satu ini bukan? Yups, langsung saja kita bagikan beberapa tips sederhana tp bisa mjd bahan acuan utk perawatan.
1. Mandi jemur.
 Cara ini efektif terutama utk jengger/ayam yg masih muda, cara ini juga agar ayam aduan anda bisa memiliki tenaga lebih dan pastinya sehat. Jam yg bagus dan efektif adalah sekiranya pukul 08.00 pagi pas hangat2nya sinar mentari pagi, dan menjemur ayam juga jgn terlalu lama yakni 30menit-1jam saja karena jika terlalu lama bisa mengakibatkan bantat.
2. Fisik ringan di pagi hari.
 Latian fisik pagi hari biasanya dilakukan sesudah sarapan ayam, yakni setelah sarapan menjelang penjemuran pagi lakukanlah fisik ringan. Utk jenis Bangkok, Pakhoy dan jenis ayam lock disarankan utk kliter dan olahraga TC (bungkus paruh) 15mnt saja, itu dilakukan 1x dlm 1minggu selebihnya utk kliter maximalkan 5mnt saja/hari. Utk jenis Birma/Mangon, lakukan loncatan ringan 20-30x dlm sehari agar otot kaki cepat berkembang dan tdk kaku.
3. Renang
 Renang juga intensif utk membuat nafas ayam aduan anda cepat membaik, latian ini dilakukan 1x dlm seminggu, cukup 5menit saja/lebih lihat kondisi ayam dan kemampuannya.
4. Pakan dan nutrisi
 Pakan yg bagus adalah pakan yg tdk lebih dan tdk kurang, hal ini mencakup bobot dan tenaga yg dihasilkan.
Utk pakan usahakan banyak yg mengandung karbohidrat (beras merah), protein yg cukup dan lemak yg berimbang (telur puyuh).
Nutrisi utk penambahnya ialah buat pisang yg diberikan setiap pagi hari, dan gula merah utk menambah tenaga ayam.
 Sekian sedikit tips menambah nafas pd ayam aduan anda, semoga bisa bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT AYAM LAGA MENJADI MERAH MERONA

Cara Merawat Ayam Birma dan Mangon.

CARA MERACIK JAMU AYAM ADUAN BAIK TRADISIONAL MAUPUN MODERN