CARA MEMBUAT AYAM LAGA MENJADI MERAH MERONA

CARA MEMBUAT AYAM LAGA MENJADI MERAH MERONA.
Yaps kita ketemu lagi di seputar perayaman nusantara, kali ini kita akan membahas tips dan cara agar ayam aduan yg kita rawat menjadi bugar, kulit merah merona dan sehat pastinya. Pasti kalian para penghobi ingin kan ayam yg dirawat terlihat lebih fresh, agresif dan tenaga maximal. Ada beberapa cara nih utk bisa mengoptimalkan tenaga ayam sebelum di adu dlm arena, dan tentunya tdk memakan waktu yg lama. Beberapa tips akan kita bagikan utk teman2 sehobi, langsung saja yuk simak beberapa tips dan langkahnya.
1. PASTIKAN AYAM ANDA SEHAT.
 Kenapa harus sehat? Ya, karena kalo ayam tak sehat pasti pucat, dan ayam pucat pasti tidak punya tenaga. Usahakan sebelum dirawat, kondisikan ayam anda utk bebas dr cacingan, dr penyakit kulit seperti korep dll. Cara yg biasa dilakukan adalah dgn pemberian obat cacing kimia yg tersedia di toko pakan ternak, dan mengobati korep dgn salep/obat kulit yg aman pastinya.
2. MANDI JEMUR RUTIN.
 Mandi dipagi hari sangat efektif utk melancarkan peredaran darah pd ayam aduan, terutama jam 08.00 pagi-09.00 pagi adalah waktu yg sangat bagus.
3. PAKAN DAN VITAMIN.
 Untuk pakan, kita saranin utk ayam yg dalam masa rawatan biasakan sarap cukup dgn pisang 2buah saja dan tambahan 1butir telur puyuh matang. Tujuannya utk menstabilkan tenaga dan pastinya kebutuhan karbohidrat ayam aduan kita, jgn lupa pemberian belut hidup cukup 2x dlm seminggu porsi 1ekor belut utk 1ekor ayam ya.
Untuk pakan sore hari, utamakan beras merah saja dan air yg cukup utk tenaga dan tahan daya tubuh dgn vitamin lain seperti pemberian jamu 1x dlm seminggu.
4. UMBAR.
 Setelah mandi jemur dipagi hari, usahakan biarkan ayam utk berleha2 dalam kurungan, gunanya agar otot bisa merespon tenaga dr mentari pagi. Setelah sudah terlihat tidak lelah, baru angkat ayam dan masukkan ke tempat umbaran utk melepas dan melenturkan otot. Usahakan didalam umbaran yg berpasir, ada air minumnya dan jgn lupa cukup 15menit saja proses umbarannya selebihnya kita istitahatkan dikandang box kembali.
5. MANDI SORE.
 Mandi sore bagus utk ayam yg sedang dirawat, tujuannya adalah agar kulit ayam yg setelah seharian kita rawat kembali fresh dan sehat. Jgn terlalu basah, bilas diantara muka, paha, dada dan sela2 sayap saja agar ayam tdk merasa kedinginan.
 Oke sekian tips sederhana utk memerahkan kulit ayam, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Merawat Ayam Birma dan Mangon.

CARA MERACIK JAMU AYAM ADUAN BAIK TRADISIONAL MAUPUN MODERN